Tentang Universitas Islam Syekh Yusuf





Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS) Tangerang adalah Perguruan Tinggi Pertama yang didirikan di Tangerang, berdiri tanggal 14 April 1966 dan merupakan salah satu pelopor pendidikan tinggi Islam di Banten. Adapun nama Syekh-Yusuf yang diabadikan menjadi nama Universitas riwayatnya secara singkat sebagai berikut :
Syekh-Yusuf adalah seorang ulama sekaligus seorang pejuang. Berkat jasanya, ia diberi gelar pahlawan nasional oleh negara. Syekh-Yusuf lahir pada tanggal 3 Juli 1626 di Lakiung Makasar. Ayahnya bernama Sultan Alauddin Raja Gowa ke 14 (1593-1693), sedangkan ibunya bernama Siti Aminah, putri seorang Lurah.
Di usianya yang ke 18, Syekh-Yusuf sudah merantau ke luar daerah, meninggalkan kerajaan Gowa. Selama 5 tahun, Syekh-Yusuf menetap di Banten untuk menuntut ilmu agama. Untuk menambah pengetahuannya, ia kemudian merantau ke negeri Yaman untuk menuntut Ilmu Tarekat kepada Syekh-Abi Abdullah.
Sebagai seorang pemuda yang haus akan ilmu, Syekh-Yusuf kemudian melanjutkan studinya di beberapa kota di negeri Arab selama kurang lebih 15 tahun. Selama dalam perantauan, Syekh-Yusuf dikenal sebagai seorang ulama yang bijak. Kemashuran nama Syekh-Yusuf kemudian diketahui oleh Sultan Banten, Sultan Ageng Tirtayasa.
Tahun 1664, Syekh-Yusuf dipanggil oleh Sultan Ageng Tirtayasa untuk mengajar putra-putri Sultan di Banten. Sultan kemudian menikahkan putrinya yang bernama Syarifah dengan Syekh-Yusuf. Puluhan tahun berselang, tepatnya di tahun 1682, Belanda menyerbu Banten. Dari penyerbuan itu, Belanda menangkap Sultan. Syekh-Yusuf yang saat itu telah diangkat sebagai Adipati kemudian meneruskan perjuangan Sultan untuk melawan penjajah Belanda, dan memimpin langsung perjuangan.

Comments